RSUD Alimuddin Umar Mendapatkan Tingkat Kepatuhan FKRTL Terbaik

RSUD Alimuddin umar

Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUDAU) Lampung Barat mendapatkan penghargaan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Kotabumi sebagai terbaik I dalam katagori tingkat kepatuhan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Hal tersebut sekaligus mengantarkan Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUDAU) mewakili Provinsi Lampung untuk rumah sakit milik pemerintah dalam penyusunan standar pelayanan BPJS di Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pekan depan.

Direktur RSUD Alimuddin Umar dr. Widyatmoko Kurniawan,Sp.B mengatakan, penghargaan tersebut merupakan salah satu wujud dari komitmen terhadap perjanjian kerja sama yang telah disepakati bersama BPJS Kesehatan. Sekaligus bukti rumah sakit itu selaku FKRTL selama ini berkomitmen penuh dan tidak melakukan pelanggaran.

Indikator yang dipakai dalam mengukur tingkat kepatuhan fasilitas kesehatan terhadap perjanjian kerja sama yaitu display ketersediaan tempat tidur yang terhubung dengan Aplicares, keluhan peserta terkait iuran biaya, dan keluhan peserta terkait diskriminasi pelayanan.

Selain itu keluhan peserta terkait kuota kamar perawatan, updating rutin ketersediaan tempat tidur, dan persentase angka rujuk balik dari jumlah kasus diagnosa potensi PRB.

”Dalam indikator kepatuhan FKRTL terhadap kontrak adalah terkait keluhan peserta dalam hal iuran biaya, diskriminasi pelayanan, dan kuota kamar perawatan yang tidak tersedia, dan ada beberapa hal lainnya. Tentunya berdasar penilaian-penilaian, RSUD Alimuddin Umar Lampung Barat sudah masuk lima kriteria sebagai rumah sakit milik pemerintah yang dinilai patuh,” urainya.