Pameran dan Kontes Nasional Gebyar Bonsai Bumi Sekala Bekhak 2019

Gebyar Bonsai Bumi Sekala Bekhak

Pameran dan Kontes bonsai tingkat nasional

Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Lampung Barat, sebagai penyelenggara  tunggal pameran  dan kontes Bonsai Nasional, yang akan dipusatkan di Kebun Raya Liwa (KRL) pada 4-16 Juli 2019 mendatang,  terus mematangkan berbagai persiapan.
Pameran dan Kontes bonsai tingkat nasional, yang  mengusung tema ‘Gebyar Bonsai Bumi Sekala Bekhak’ tersebut mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah, sekaligus menjadi supported Even Festival Sekala Bekhak VI dan Festival Kopi, dengan peserta berasal dari berbagai  daerah di tanah air.
Selain itu pameran dan kontes bonsai tingkat nasional tersebut mendapatkan persetujuan dari PPBI pusat, termasuk tim juri akan diturunkan untuk melakukan penilaian terhadap bonsai milik peserta.
Ketua PPBI Cabang Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., mengatakan, panitia terus melakukan persiapan dari seluruh kebutuhan peralatan serta perlengkapan untuk menyambut kedatangan peserta dari berbagai daerah yang beberapa diantaranya sudah konfirmasi dan komunikasi akan hadir seperti dari Madura, Jawa Timur, Tangerang, Bandung, Jakarta, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi dan sejumlah kabupaten/kota di Lampung.
”Ini menjadi event bergengsi, selain tingkat nasional kegiatan ini  juga sekaligus memperkenalkan Lambar kepada masyarakat luar, dari berbagai sektor  tidak hanya soal seni bonsai, namun juga sektor  pariwisata,  hingga kopi robustanya,” ungkap Wawan—sapaan Widyatmoko Kurniawan.
Sementara itu,  Dandim 0422 Lambar Letkol Kav Adri Nurcahyo, selaku pembina yang aktif di PPBI Cabang Lambar, memberikan dukungan penuh baik moril, materil maupun personil agar Pameran dan Kontes Bonsai Nasional tersebut bisa berjalan dengan baik, lancar dan sukses. 
”Harapannya  melalui kegiatan ini, nama Lampung Barat semakin bagus di mata dunia. Karena kegiatan Pameran dan Kontes Bonsai ini bukan hanya sekedar acara bonsai saja tetapi terkait dengan promosi destinasi wisata maupun produk lokal yang ada di Lampung Barat,” imbuhnya.
Dilain pihak, Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus juga mengimbau kepada jajarannya untuk turut mensukseskan pameran dan kontes bonsai tingkat nasional tersebut, khususnya  berkaitan dengan fasilitas yang diperlukan, sebisa mungkin untuk didukung. “Bulan  Juli acara begitu padat, selain Festival Sekala Bekhak dan Festival Kopi juga akan digelar Pameran dan Kontest Bonsai Tingkat Nasional, jadi harus kita dukung dan saya mengajak untuk sama-sama mensukseskannya,” ujar Parosil.
Sekadar diketahui,  kegiatan itu juga mendapatkan dukungan  dari DPRD Lambar, Polres, Kejaksaan Negeri, Gudang PM dan beberapa badan usaha serta organisasi di kabupaten setempat.