Oреrаѕі Bibir Sumbing dі RSUD Alіmuddіn Umаr Lampung Barat

RSUD Alimuddin umar

Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Lampung Barat, Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar Liwa, dan ‘Smile Train’ akan melaksanakan Operasi Sumbing Bibir dan Langit-langit secara Gratis pada 28–29 Mei 2016 di RSUD Alimuddin Umar Liwa. Kegiatan ini merupakan kelanjutan rencana yang terdahulu yang rencananya akan dilaksanakan pada 26 – 27 Maret 2016 tertunda oleh karena peserta yang mendaftar masih minim sehingga waktu pelaksanaannya diundur, kata Sekretaris Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia Cabang Lampung Barat Drs. Sandarsyah mendampingi Ketua PKBI Cabang Lampung Barat Hj. Yulia Makmur Azhari.

Dengan ditundanya pelaksanaan operasi Bibir Sumbing ini, pendaftaran masih dibuka sampai dengan 2 hari sebelum hari pelaksanaan kegiatan operasi. Dengan demikian bagi yang masih berminat mau mendaftar, masih ada peluang untuk menjadi peserta.

Lebih lanjut menurut Sandarsyah, Banyak anak-anak yang menderita sumbing bibir dan langit-langit terutama anak-anak perempuan, tidak diterima setelah lahir. Meskipun mereka dibiarkan untuk hidup, keluarga pun malu terhadap mereka. Anak-anak lain mengejek mereka dan banyak sekolah tidak mau menerima mereka.

Celah (sumbing) yang belum diperbaiki juga memunculkan masalah-masalah lain seperti, kesulitan makan, minum, dan sering infeksi saluran pernapasan. Lalu kesulitan bicara dan gangguan pendengaran, serta terdapatnya gangguan masalah gigi dan Orthodentik. Masalah lain adalah adanya depresi dan kepercayaan diri yang rendah, bahkan jika mereka berhasil mendapatkan pendidikan, mereka sulit mendapatkan pekerjaan, menikah, atau bergabung dengan masyarakat sekitar.

Dengan demikian sebenarnya setiap anak yang lahir dengan sumbing bibir dan langit-langit memiliki kesempatan untuk hidup seutuhnya dan hidup produktif. Anak-anak dengan sumbing bibir dan langit-langit tersebut merasakan penderitaan ketika berinteraksi dengan lingkungan sosial mereka dan permasalahan lainnya. Dengan operasi yang hanya membutuhkan waktu 45 menit saja dan perawatan yang komprehensif, mereka tidak hanya mendapatkan senyum baru, namun juga harapan dan hidup baru. Mereka memiliki tempat untuk bersandar dan juga kesempatan kedua dalam hidup mereka.

Smile Train adalah sebuah lembaga amal dunia yang focus membantu operasi gratis sumbing bibir dan langit-langit dengan pendekatan berkelanjutan. Smile Train di Indonesia telah melakukan lebih dari 50.000 operasi sumbing secara gratis, dan di tingkat global telah melampaui satu juta operasi pada awal April 2014. Sampai dengan saat ini, Smile Train telah memiliki lebih dari 66 mitra aktif dengan dokter bedah yang kompeten dan tersebar di lebih dari 18 Provinsi di Indonesia, pungkas Sandarsyah.